Selasa, 20 Januari 2009

Barack Obama Dan Kebijakkannya


Di januari 2009 banyak “penomena-penomena” yang menyeruak kekhalayak, mulai dari tragedi kemanusiaan dijaluar gaza, penurunan harga BBM selama tiga tahap di Indonesia, hingga kisah pelantikkan Presiden pertama Amerika serikat yang berkulit hitam, yakni Barack Husien Obama.
Banyak orang yang berharap kepada Presiden Amerika yang akan dilantik pada hari selasa 20 januari 2009. Mampu membawa perubahan, baik bagi perekonomian dunia dari keterpurukan, sampai membawa perubahan yang terbaik dijalur gaza ini. Sebab terpilihnya seorang persiden yang berkulit hitam dinegara Amerika dipandang sebagai perwujudan dari demokrasi yang sangat luar biasa di Amerika serikat, dari 43 presiden amerika serikat yang sudah-sudah ialah mereka yang berkulit putih. Dengan terpilihnya Presiden berkulit hitam adalah kemenangan demokrasi
Namun tidak sedikit orang memandang pelantikan Presiden obama dengan nada minor serta tidak akan membawa perubahan secara global, terutama berhubungan dengan dunia islam. Sebab Presiden Barak obama hanya bisa mewarisi tradisi dan adat kebiasaan gedung putih belaka yang gaya “bar-bar” dengan sistemnya yang sangat kapitalis (bahkan neo kapitalis).
Umat islam secara khusus memandang kebijakkan dari Barack Obama tidak akan berbeda secara signifikan dengan pendahulunya (Bush). Karena sistem politik Amerika sendiri tidak berubah dan pola hubungan Amerika dengan Israel tetap erat, bahkan kebijakkan perang tidak berubah sama sekali, selain lokasinya saja yang berubah!. sehingga jika kita berharap dengan obama sama saja kita berharap dengan bush.
kenapa dikatakan demikian karena dengan masuknya Obama sendiri tidak mengubah sistem kapitalsime sekulernya, yang berubah hanyalah wajah dan figurnya saja
Adanya Pro Kontra terhadap pelantikaan Presiden baru Amerika Seriat Barack Obama, dan masyarakat amerika bahkan masyarakat Global menunggu kerjanya dan kebijakannya. Apakah pro perubahan atau tidak. Hanya waktu dan pandangan masyarakat lah yang mampu menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar